Senin, 19 Maret 2012

CARA MEMBUAT RPP BERKARAKTER

Pada kesempatan ini saya memcoba menulis postingan tentang sesuatu yang sangat penting khususnya buat teman-teman pendidik yang mengalami kesulitan dalam membuat RPP berkarakter. Berikut postingan saya tentang format cara membuat RPP berkarakter, anda hanya mengantikan beberapa hal sesuai dengan materi yang anda ajarkan serta model pembelajaran yang anda gunakan.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan   : SMP Negeri 4 Sungguminasa
Mata Pelajaran        : IPA Fisika
Kelas/Semester        : VIII/1
Alokasi Waktu         : 2 x 40 menit
I.       Standar kompetensi
Memahami peranan usaha, gaya dan energi dalam kehidupan sehari-hari
II.    Kompetensi dasar
Menjelaskan hubungan bentuk energi dan perubahannya, prinsip usaha dan energi serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
III. Indikator
Pertemuan I
Kognitif
1.      Produk
a. (tuliskan pengetahuan apa yang ingin dikuasai peserta didik). Misalnya menunjukkan bentuk-bentuk energi dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari.
2.      Proses
a. (tuliskan kegiatan apa yang dilakukan oleh peserta didik sehingga memperoleh pengetahuan yang di inginkan). Misalnya mengamati benda-benda di sekitar lingkungan untuk menidentifikasi energi yang terkandung atau di hasilkan oleh benda tersebut.
           Psikomotorik
Tuliskan keterampilan-keterampilan yang dibutuhkan oleh peserta didik selama proses/kegiatan dalam rangka mendapatkan pengetahuan yang diinginkan.
          Afektif
1.  Karakter, (tuliskan karakter yang bisa dikembangkan dengan melakukan kegiatan). Misalnya jujur, bertanggung jawab, toleransi, demokrasi dll
2. Keterampilan sosial, (tuliskan keterampilan sosial yang diperoleh peserta didik karena berinteraksi dengan peserta didik lainnya). Misalnya menyampaikan pendapat, berkerja sama, tidak mencelah dll
IV. Tujuan pembelajaran
Kognitif
1.      Produk
Secara mandiri peserta didik dapat menunjukkan bentuk-bentuk energi yang terkandung atau dihasilkan oleh benda-benda disekitar lingkungan dengan benar.
2.      Proses
Diberikan informasi berupa gambar benda-benda, peserta didik dapat menunjukkan energi yang terkandung atau di hasilkan oleh benda tersebut dengan benar.
Psikomotorik

Afektif
1.  Karakter
Terlibat dalam proses belajar mengajar peserta didik aktif, peserta didik menunjukkan kemajuan yang menunjukkan karakter disiplin, jujur, tanggung jawab, dll. Misalkan, peserta didik menunjukkan kedisiplinan dalam mengamati gambar yang diperlihatkan dalam LKS.
2.  Keterampilan sosial
Terlibat dalam proses belajar mengajar peserta didik aktif, peserta didik di nilai dalam hal membuat kemajuan yang menunjukkan keterampilan sosial. Komunikasi, toleransi dll. Misalnya, peserta didik mampu berkerja sama dalam kelompok.
V.    Model pembelajaran
a. Model pembelajaran
Tuliskan model pembelajaran yang di gunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Misalkan: Model pembelajaran kooperatif
b. Metode pembelajaran
Tuliskan metode pembelajaran yang di gunakan dalam kegiatan pembelajaran. Misalnya: disikusi, tanya jawab
VI. Materi pembelajaran
Usaha dan energi
VII.   Langkah-langkah pembelajaran
A.    Pendahuluan (kurang lebih 10 menit)
Kegiatan
1.   Memberikan motivasi dengan cara mengajukan pertanyaan “mengapa ketika kita      selesai melakukan aktivitas tubuh kita merasa lelah atau capek?” (fase 1 MPK)
 2.   Menyampaikan tujuan pembelajaran meliputi kognitif, psikomotor, dan afektif (fase 1 MPK)
B.     Inti (kurang lebih 60 menit)
Kegiatan
1. Guru membagikan LKS I : ......................... Selama bekerja peserta didik diminta bersikap jujur tidak membuka buku peserta didik, bekerja secara teliti dan tepat waktu
(Fase 2 MPK)
2. Mengorganisasi peserta didikduduk dalam tatanan pembelajaran kooperatif. (Fase 3 MPK)
3. Meminta peserta didik untuk belajar dan berdiskusi dengan kelompoknya .......................................................................... ......................... .................. ........ . peserta didik diminta menilai sendiri pemahamannya. Para peserta didik harus bekerja sama dan berkomunikasi dengan anggota kelompok, saling menghargai pendapat, dan tidak mencela teman yang pendapatnya kurang dapat diterima. (Fase 4 MPK)
4. Guru melakukan evaluasi ........................ ........(Fase 5 MPK)
5. Guru memberikan hadiah pada kelompok/peserta didikyang hasil kerjanya baik ........................ . (Fase 6 MPK)

C.    Kegiatan akhir (kurang lebih 10 menit)
Kegiatan
Guru membimbing siswa merangkum butir -butir penting terkait……………………….
VIII.     Sumber/Media pembelajaran
1.   Buku IPA Fisika kelas VIII SMP hal 40-42
2.   Lembar kerja siswa (LKS)
3.   Sains Fisika SMP kelas VIII hal 128-129
IX.      Penilaian
Teknik penilaian
Teknik : tertulis
Bentuk : uraian dan pilihan ganda
   Instrumen
No
Soal
Jawaban
Skor
1
Makanan yang kamu makan sehari-hari mengandung energi ….
a.       Energi kalor
b.      Energi kimia
c.       Energi listri
d.      Energi bunyi
B energi kimia
100
Rumus Penilaian :
 NP = skor perolehan/skor max x 100 = ..........
Rubrik / pedoman penskoran:
No. Soal
Aspek Yang Dinilai
Skor
1

100
Jumlah skor
100
Daftar pustaka
Kanginan, marthen. 2002. IPA FISIKA untuk SMP kelas VIII. Jakarta: Erlangga
Trianto. 2007. Model-model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivisistik. Jakarta. Prestasi pustaka publisher

Makassar,…..oktober 2011


Kepala sekolah                                                                  Guru mata pelajaran

………………                                                                  ……………………

Tidak ada komentar:

Posting Komentar